nasi langgi pak man
Nasi Langgi Pak Man, Kuliner Malam Jogja
April 6, 2018
selfie park taman pule 1
Selfie Park Taman Pule, Tempat Selfie Terbaru di Jogja
April 9, 2018
Show all

Soto Ayam Pak Dalbe yang Menggoda

soto ayam pak dalbe

Soto adalah makanan yang bisa ditemukan di hampir semua kota di Indonesia, termasuk Jogja. Di kota pelajar ini, kamu bisa menemukan berbagai jenis soto. Salah satu soto yang wajib kamu coba adalah Soto Ayam Pak Dalbe.

Warung soto ini lokasinya beradi di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di samping Pizza Hut. Warung soto yang berukuran kecil ini selalu dipadati pengunjung, tak sedikit para pengunjungnya yang menikmati soto di trotoar depan warung.

baca juga: Mencicipi Soto Gumyak Kang Kasidi

Warung Soto Ayam Pak Dalbe buka mulai pukul 6 pagi hingga pukul 2 siang. Tapi karena banyaknya pelanggan yang berkunjung, warung soto ini biasanya tutup lebih cepat karena sudah habis terlebih dahulu.

soto ayam pak dalbe

soto ayam pak dalbe

Seperti namanya, warung soto ini adalah milik Bapak Dalbe Asari. Soto yang tersedia di sini sepintas memang tidak ada yang berbeda dengan soto kebanyakan. Kuah yang digunakan di sini adalah kuah bening. Selain itu, soto ayam yang tersedia disini juga sama dengan soto ayam kebanyakan , yakni berisi irisan kubis, tauge, bihun, taburan daun seledri, bawang goreng dan tentunya suwiran daging ayam.

Warung Soto  Ayam Pak Dalbe ini  kini mempunyai 3 cabang, yakni di Seturan, Gejayan dan Jalan Magelang. Jadi total ada 4 buah warung soto milik Pak Dalbe. Ide berjualan soto, beliau dapatkan dari Pamannya yang juga berjualan soto, tapi bedanya pamannya itu berjualan dengan cara berkeliling.

baca juga: Soto Daging Sapi Pak Ngadiran

Daging ayam yang digunakan dalam soto Pak Dalbe menggunakan daging ayam pejantan, meskipun demikian teksturnya tetap lembut, tidak alot. Bumbunya pun meresap dengan sempurna, cara memasak yang tetap menggunakan cara tradisional menjadi salah satu rahasianya. Soto Pak Dalbe dimasak menggunakan kayu bakar.

Penggunaan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, laos, serai, dan daun jeruk menjadi rahasia berikutnya, selain penggunaan kayu bakar.

Soto ayam ini akan lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan berbagai lauk yang tersedia, seperti usus, kepala dan sayap ayam.

Harga Sate Ayam Pak Dalbe

Harganya pun sangat terjangkau yakni hanya Rp9.000 untuk setiap porsinya. Sedangkan untuk sate ayam Rp2.000 per tusuknya dan Kepala ayam Rp8.000

 

Comments are closed.

19:21