Salah satu Desa Wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Bantul adalah Desa Wisata Manding yang merupakan Sentra Industri Kerajinan Kulit di Provinsi DIY. jika Bandung punya Cibaduyut, Bantul punya Manding. Manding sudah dikenal sebagai sentra kerajinan kulit sejak tahun 1957.

Beragam kerajinan kulit seperti tas, ikat pinggang, sepatu, sandal dan jaket dapat dijumpai di sepanjang Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Manding.

Saat ini terdapat 42 rumah produksi kerajinan kulit dan 48 showroom penjualan kerajinan kulit di Desa Manding, tutur Jumakir selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata.

48 Showroom itu berjejer rapi di sepanjang jalan dan dengan mudah kita akan menemukan berbagai kerajinan kulit yang terpampang rapi di setiap showroom.

Untuk harga sangatlah beragam, tergantung model dan bahan yang digunakan. Untuk sepatu bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp70.000 hingga Rp1.000.000. sementara untuk jaket mulai harga Rp500.000 hinga Rp1.500.000.

Baca juga: https://wiratourjogja.co.id/wisata-edukasi-omah-salak/

Kerajinan Kulit Manding
Kerajinan Kulit Manding

Jika budgetmu terbatas, kamu juga bisa mendapatkan beberapa produk yang dijual dengan harga yang murah. Tapi tentunya bahan yang digunakan adalah kulit sintetis.

Selain memproduksi kerajinan dari kulit, warga Desa Manding juga memproduksi beberapa kerajinan dari berbagai bahan baku seperti eceng gondok, pandan, serat alam dan bahan sintetis.

Desa Wisata Manding selain menyuguhkan wisata belanja juga menyuguhkan wisata edukasi bagi para wisatawan. Wisatawan akan diajak menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan kerajinan dari bahan dasar kulit.

Wisatawan tak hanya menyaksikan pembuatannya saja, wisatawan juga diperbolehkan untuk membuat kerajinan dari kulit yang nanti hasilnya bisa dibawa pulang oleh wisatawan itu sendiri.

Desa Manding menjadi sentral kerajinan kulit bermula dari 3 pemuda asal Manding yang belajar membuat dan memperbaiki pelana kuda di Museum Kereta Keraton Yogyakarta.

Dari ilmu yang didapat di Museum tersebut, kemudian dikembangkan secara otodidak untuk membuat kerajinan kulit dalam bentuk barang yang lain.

Saat ini hasil kerajinan kulit asal Manding sudah menembus pasar nasional bahkan internasional. “Banyak barang sudah dikirimkan ke luar negeri”, ujar Jumakir.

 

WhatsApp chat