Jogja memang sejak dulu terkenal dengan kekayaan kulinernya, banyak sekali kuliner unik yang bisa ditemukan di kota ini. Di daerah pakualaman contohnya, di sana ada pedagang rujak es krim yang sudah berjualan sejak tahun 1990. Kuliner ini dikenal dengan nama Rujak Es Krim Pak Paino.

Saya sendiri bingung ke kategori mana rujak es krim harus dimasukkan. Apakah masuk ke kategori makanan atau minuman, tapi itu tidaklah terlalu penting. Jajanan tradisional ini bisa kamu dapatkan di sebelah timur Pura Pakualaman.

baca juga: Garang Asam Kudus di Jogja

Pak Paino mengaku sudah berjualan Rujak Es Krim di kawasan Pura Pakualaman sejak tahu 1990. Itu artinya beliau sudah berjualan di sana selama 28 tahun. Selama 28 tahun pelanggannya semakin hari terus bertambah banyak.

Seperti namanya, Rujak Es Krim adalah perpaduan antara rujak dan es krim. Terdapat berbagai macam potongan buah, seperti mentimun, mangga, kedondong, papaya, nanas, bengkoang yang kemudian lumuri dengan bumbu rujak seperti pada umumnya. Di atasnya ditambahkan toping es krim.

rujak es krim pak paino
rujak es krim pak paino

Perpaduan antara rujak dan es krim menghasilkan cita rasa yang unik. Rasa pedas, asam, manis dan dingin bercampur menjadi satu dalam satu mangkuk rujak es krim. Sangat pas jika dikonsumsi ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Es krim yang digunakan untuk toping rujak diklaim tidak menggunakan pemanis buatan, melainkan menggunakan pemanis alami dari buah-buahan. Innovasi terbaru dari Pak Paino adalah menggunakan campuran buah naga pada es krimnya, sehingga warnanya kemerah-merahan. Sangat menggugah selera

baca juga: Sate Kere Mbah Mardi

Selain rujak es krim, kamu juga bisa memesan lutis atau rujak yang tidak menggunakan es krim sebagai topingnya.

Jam Buka dan Harga Rujak Es Krim Pak Paino

Pak Paino biasanya berjualan dari pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore. Untuk bisa menikmati semangkuk Rujak Es Krim Pak Paino, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp7.000 saja. Sangat terjangkau bukan? Tak ada salahnya mencoba kuliner unik yang satu ini ketika kamu sedang berkunjung ke Jogja.

WhatsApp chat