Jika mendengar kata Jogja dan Candi pasti yang terlintas di pikiran banyak orang adalah Candi Prambanan dan Borobudur. Walaupun sebenarnya Candi Borobudur terletak di Magelang , Jawa Tengah. Di provinsi DIY sendiri banyak terdapat candi-candi yang tak kalah menarik dibandingkan 2 candi yang telah disebutkan sebelumnya. Salah satunya adalah Candi Ijo, Candi yang berada 375 MDPL ini merupakan candi dengan letak paling tinggi di Provinsi DIY.

Pemberian nama Candi Ijo sendiri karena Candi yang dibangun sekitar pada abad ke 9 ini dibangun di atas bukit yang dikenal dengan bukit hijau atau gumuk ijo.

Baca juga: Pertama Kali ke Jogja? Jangan Lewatkan 5 Hal Ini!

Sunset di Candi Ijo
ROmantisnya Sunset di Candi Ijo

Candi Ijo bukan hanya diperuntukkan untuk pecinta wisata sejarah tapi juga untuk pecinta wisata alam. Di Candi Ijo wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Kota Jogja dari ketinggian, bahkan jika beruntung wisatawan juga dapat menyaksikan pesawat yang sedang mendarat di Bandara Adi Sutjipto.

Dibandingkan dengan candi-candi lainnya, Candi Ijo memberikan pengalaman baru bagi para wisatawan yang berkunjung. Selain dapat menikmati panorama kota Jogja dari ketinggian, wisatawan juga dapat menikmati proses tenggelamnya matahari di candi yang lokasinya tak jauh dari Tebing Breksi ini.

Jika cuaca cerah, wisatawan akan banyak berdatangan pada sore hari. Tujuannya bukan lain adalah untuk menyaksikan sunset di Candi dengan lokasi tertinggi di Wilayah DIY ini. Untuk dapat memasuki kawasan Candi Ijo, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara. Sementara untuk biaya parkir akan dikenakan Rp.2.000 untuk sepeda motor, sedangkan mobil roda empat dikenakan biaya sebesar Rp5.000.

Candi Ijo
Sunset Candi Ijo

Biasanya pengunjung akan banyak berdatangan mulai pukul 4 sore, dan perlahan membubarkan diri pada pukul 6 sore atau setelah petugas keamanan berkeliling lokasi candi untuk memperingatkan bahwa pengunjung diminta untuk segera meninggalkan kawasan Candi Ijo karena akan segera tutup.

Menikmati waktu sore hari dengan menyaksikan panorama alam Jogja dari Kawasan Candi Ijo adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika kamu mengunjungi Kawasan Candi Ijo berdua dengan pasanganmu, karena tempat ini terbilang cukup romantis.

Kalau rangga mengajak cinta ke kawasan Candi Ratu Boko, kamu jangan mau kalah. Ajaklah pasanganmu ke kawasan Candi Ijo. Dijamin tidak akan kalah romantis.

WhatsApp chat