Perlengkapan Darurat Di Dalam Mobil

Ekspor Suzuki Ertiga dan Nex II
Indonesia Mulai Ekspor Suzuki Ertiga dan Nex II
October 24, 2018
menerobos banjir
Batas aman mobil saat terobos banjir
November 22, 2018
Show all

Perlengkapan Darurat Di Dalam Mobil

Perlengkapan darurat di mobil

Perlengkapan Darurat Yang Wajib Ada Di Dalam Mobil

 

Perlengkapan Darurat di Mobil – Berkendara dengan nyaman dan aman adalah keinginan dan kewajiban yang harus diemban oleh setiap pengemudi dijalan. Oleh karena itu, mempersiapkan diri dengan matang sebelum berkendara, wajib  hukumnya dilakukan. Baik persiapan untuk kita sendiri maupun kendaraan yang akan kita gunakan. Karena, potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan cukup besar. Meskipun sebelumnya Anda tahu bahwa semua kondisi sudah terkendali tapi Keadaan Darurat dan Tak Terduga sering muncul di tengah-tengah perjalanan yang sedang kita lalui dengan banyak cara.

Tentu saja kondisi tersebut mengharuskan kita harus selalu memiliki langkah-langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak terduga. Apalagi perjalanan yang kita tempuh itu adalah perjalanan jauh yang akan melewati jalan lintas daerah dan sering kali melewati rute yang jarang terdapat rumah penduduk disekitarnya. Sebelum hal ini terjadi, sangat disarankan untuk mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan darurat yang akan membantu Anda dalam menghadapi setiap masalah di perjalanan.

Perlengkapan darurat ini juga bisa digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan kita selama diperjalanan. Berikut adalah tips yang akan membantu Anda dalam memilih perlengkapan-perlengkapan yang diperlukan untuk kebutuhan darurat :

 

Perkakas Dasar Untuk Mobil

Perlengkapan darurat di mobil

Alat ini sangat penting jika terjadi masalah kecil terkait kendaraan, sehingga Anda bisa mengatasi masalah itu sendiri. Mungkin saja mobil Anda mengalami masalah pada mesin atau sistem penggerak lainnya, Perkakas Dasar ini akan sangat membantu Anda. Di dalam Perkakas Dasar harus tersedia obeng, kunci Inggris, tang, palu, pisau serbaguna dan lakban. Dengan adanya alat-alat itu, Anda bisa menghemat pengeluaran ke bengkel atau sebagai Pertolongan sementara sampai anda menemukan bengkel.

 

Lampu Darurat dan Segitiga Pengaman

lampu darurat segitiga

Kedua barang ini sangat berguna dan harus ada di dalam mobil, terutama jika Anda berada pada malam hari dan kondisi sekitar gelap. Segitiga Pengaman digunakan sebagai tanda kepada pengemudi lain bahwa kendaraan Anda mengalami masalah. Lalu Lampu Darurat sebagai cahaya peringatan untuk kendaraan dibelakang. Taruhlah alat itu di belakang mobil agar bisa memperingatkan pengemudi lain sehingga dapat waspada dan beraksi cepat untuk menghindar dari kendaraan Anda.

 

Dongkrak dan Ban Serep

Perlengkapan darurat di mobil

Perlengkapan darurat di mobil

 

 

 

 

 

 

 

 

Anda mengalami ban kempis atau ban mobil Anda bocor tapi saat itu Anda berada di tengah hutan sehingga sulit untuk menemukan bantuan. Untuk mengantisipasi keadaan seperti ini bawalah dongkrak beserta ban serep. Selain mempersiapkan kedua alat tersebut, Anda juga wajib membekali diri dengan keahlian mengganti ban. Lalu simpan kembali ban yang kempis di dalam bagasi.

 

Kotak P3K dan Barang Pendukung Kesehatan Lain

perlengkapan darurat p3k

Selain kelengkapan standar untuk kendaraan, sertakan pula obat-obatan yang sekiranya diperlukan. Memang tidak ada yang menginginkan terjadinya kecelakaan. Namun tidak ada salahnya mempersiapkan diri bila Anda terkena atau bertemu dengan hal seperti itu. Dengan membawa selalu kotak P3K yang berisi perban, obat merah hingga plester. Anda juga bisa mengisinya dengan berbagai obat-obatan Seperti Obat Asma, Obat anti Mabuk, Obat Pusing dan Obat pribadi Anda lainnya. Juga selalu periksa kondisi dan keadaan obat di dalam kotak P3K tersebut termasuk tanggal kadaluwarsanya. Anda mungkin saja terjebak dalam waktu yang lama ketika terjadi kerusakan pada mobil Anda. Mungkin juga Anda akan menjalani proses itu sendirian dalam kondisi cuaca dingin atau panas yang luar biasa. Pastikan Anda menyimpan makanan dan minuman yang tahan lama. Selimut yang akan menjadi perlengkapan yang penting untuk menjaga suhu tubuh saat dingin atau hujan. Air juga bisa berguna jika mobil Anda mengalami overheat (kepanasan) pada mesin kendaraan.

Kabel Jumper, Oli dan Busi Cadangan

perlengkapan darurat kabel jumper

Kerusakan pada aki mobil akibat aki yang sudah soak atau tekor bisa menjadi masalah besar. Karena Anda tidak akan bisa menyalakan mesin dengan baik. Untuk itu, bawa selalu kabel jumper untuk membantu Anda ketika aki rusak. Dengan adanya kabel jumper, Anda bisa menghidupkan mobil dengan menjumperkan aki mobil lain ke mobil kita. Hal tersebut bisa terjadi juga untuk kondisi Busi dan Oli. Karena itu simpan barang-barang tersebut di dalam bagasi mobil Anda.

 

Comments are closed.

20:03