Membicarakan tentang kuliner Jogja, rasanya seperti tidak ada habisnya. Setelah sebelumnya wira membahas Jiwangga Resto yang berkonsep Kerajaan Majapahit Kuno, kini kami akan membahas tentang Nasi Langgi Pak Man yang berlokasi di kawasan Bumijo.

Warung Nasi ini diberi nama sesuai dengan nama pemiliknya, yakni Pak Man yang bernama lengkap Wagiman. Warung nasi langgi ini dikelola Pak Man bersama sang istri Wakinah.

Bersama istrinya, Pak Man mulai berjualan nasi langgi sejak tahun 1988. Menurutnya, masakan yang dijualnya adalah masakan keratin yang telah dimodifikasi.

Di Keraton nasi langgi berisi nasi gurih yang dihidangkang lengkap dengan kering tempe, abon, kedelai hitam, srundeng, empal dan lalapan.

baca juga: Mie Pentil, Warisan Kuliner dari Pundong

Demi mendapatkan pelanggan dari kalangan menengah ke bawah kemudian Nasi Langgi Pak Man sedikit dimodifikasi dengan mengurangi Abon dan Empal agar dapat dijual dengan harga yang murah. Pada waktu awal berjualan nasi langgi, abon dan empal merupakan bahan makanan yang tergolong mahal.

Saat pertama kali menjual nasi langgi, Wakinah mengaku menjual seporsi nasi langgi dengan harga Rp8 (iya betul delapan rupiah). Dari dulu memang Nasi Langgi Pak Man terkenal dengan kuliner yang berharga murah dan dapat dijangkau semua kalangan.

Saat ini nasi langgi yang dijual berisikan nasi putih lengkap dengan oseng-oseng, telur, rica-rica ayam dan beberapa aneka gorengan yang bisa kamu jadikan pilihan. Sedikitnya ada 5 jenis oseng-oseng yang bisa dipilih, yakni oseng jengkol, jamur, daun papaya, bihun dan teri.

nasi langgi pak man
nasi langgi pak man

Oseng jengkol adalah salah satu yang paling banyak di buru pelanggan dari Warung Nasi Langgi ini. Oseng-oseng jengkol hanya tersedia jika harga jengkol di pasaran sedang bersahabat.

Makanan yang tersedia di Warung Nasi Langgi Pak Man hampir semuanya bercita rasa pedas. Masih kurang pedas? Tenang, di sini juga disediakan sambal yang diperuntukkan bagi kamu pecinta sambal.

Alamat, Jam Buka dan Harga Nasi Langgi Pak Man:

Alamat: Jl. Magelang no 214 (sebelah Duta Minang) atau klik di sini
Jam Buka: 17.00-22.00 WIB
Harga/Porsi: Rp9.000

 

 

WhatsApp chat