Sate Petir
Berani Coba Sate Petir Pak Nano?
February 1, 2018
Lava Tour Merapi
Mau ke Lava Tour Merapi? Simak Dulu Tipsnya
February 5, 2018
Show all

Mencicipi Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele

Jika membahas tentang kuliner jogja tentu saja tidak bisa lepas dari gudeg, makanan yang sudah melegenda sejak lama. Selain gudeg, jogja tentu saja menyimpan banyak ‘harta karun kuliner’. Salah satunya adalah Mangut Lele, meski tak setenar gudeg tapi cita rasa mangut lele tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mangut lele yang paling terkenal di Kota Pelajar ini adalah mangut lele Mbah Marto. Di dapur rumahnya yang sederhana, mbah marto mengolah ikan lele dengan resep legendaris miliknya. Ketulusan dan ketelatenan Mbah Marto dalam mengolah mangut lele membuat cita rasa yang dihasilkan tak ada duanya.

Nenek berusia 91 tahun ini sudah mulai berjualan sejak tahun 60-an. Dulu ia berjualan dengan cara menjajakan dagangannya dengan berkeliling dari rumahnya di Sewon, Bantul hingga sampai ke pasar Beringharjo. Tapi sejak tahun 1989 ia tak lagi berjualan keliling, sejak itu ia berjualan di warung yang sekaligus menjadi rumahnya.

Warung Mangut Lele Mbah Marto ini terletak tak jauh dari kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI), jaraknya kurang lebih sekitar 7 KM dari pusat Kota Jogja.

Jika ingin menuju warung mangut lele Mbah Marto, ancer-ancernya adalah kantor pos setelah kampus ISI, lalu belok kanan hingga menemukan masjid baitussalam. lalu masuk ke Jl. Diponegoro dan kemudian masuk ke gang Nyi Ageng Serang, di gang sempit itulah warung mangut lele Mbah Marto berada.

Keramahan ala orang jogja memang menjadi daya tarik tersendiri di warung milik Mbah Marto ini, pengunjung seolah sedang beranjangsana ke rumah sanak keluarga berkat keramahan Mbah Marto dan keluarganya. Mbah Marto juga tak jarang bercengkrama langsung dengan para pengunjung warungnya.

Di warung ini, mbah marto tak hanya menjual mangut lele saja. Ada beberapa menu yang ditawarkan yang tentunya rasanya juga tak kalah dengan menu utamanya, seperti gudeg pawon, opor, krecek, garang asam dan lain-lain.

Satu porsi mangut lele lengkap dengan nasi dibandrol dengan harga Rp20.000. Begitupun dengan harga gudeg, opor dan krecek.

Jadi, jika kamu sedang atau akan wisata ke Jogja jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke warung milik Mbah Marto. Mencicipi makanan legendaris yang satu ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

02:59