Mau ke Lava Tour Merapi? Simak Dulu Tipsnya

Mangut Lele
Mencicipi Mangut Lele Mbah Marto
February 3, 2018
Hutan Pinus Imogiri
Hutan Pinus Imogiri
February 6, 2018
Show all

Mau ke Lava Tour Merapi? Simak Dulu Tipsnya

Lava Tour Merapi

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata yang sangat mengagumkan. Salah satu yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah kawasan Kaliurang. Kaliurang berada tepat di kaki Gunung Merapi dan masuk dalam kawasan Kabupaten Sleman. Salah satu wisata andalannya adalah Lava Tour Merapi, wisata yang akan cukup menguji  nyali kamu.

Lava Tour Merapi adalah wisata menyusuri bekas aliran lahar, pasca letusan Merapi tahun 2010 silam dengan menggunakan mobil Jeep. Selama wisata, wisatawan akan diajak mampir ke tempat-tempat yang tersisa akibat erupsi. Seperti Bunker Kaliadem dan Museum Hartaku.

Lava Tour Merapi terbagi menjadi 3 rute, yakni rute short, medium dan long. Masing-masing durasi dari tiap rute adalah 1,5 jam, 2,5 jam dan 4-5 jam. Untuk tarifnya sendiri 350 ribu untuk  short, 450 ribu untuk medium dan 550 untuk long.

Sebelum kamu memutuskan mengikuti Lava Tour Merapi sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

1.     Cuaca

Sebaiknya kamu mencoba Lava Tour Merapi saat musim kemarau, selain pemandangan Gunung Merapi yang akan terlihat jelas, kamu juga tidak perlu basah-basahan.

2.     Pakaian

Pasca erupsi Gunung Merapi, lahannya menjadi gersang dan panas. Sebaiknya kamu menggunakan pakaian lengan panjang agar tidak terbakar oleh panasnya matahari. Dan jangan lupa untuk memakai sub block.

3.     Masker

Jalur Lava Tour Merapi sangat gersang, dengan kecepatan Jeep yang cukup tinggi akan menyebabkan debu berterbangan kemana-mana. Untuk menghindari hal itu kamu wajib membawa masker.

4.     Lava Tour Saat Hujan

Jika kamu ingin memacu adrenalin, mengikuti lava tour saat hujan adalah pilihan yang tepat. Jalur lava tour yang basah akan menjadi tantangan tersendiri.

 

Berikut beberapa tips sebelum kamu mengikuti Lava Tour Merapi. Sampai jumpa di Jogja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13:00