Kedung Gender, Wisata Baru di Kulon Progo

upacara labuhan
Museum Padepokan Sumber Karahajon
Maret 13, 2018
rama shinta garden resto
Romantic Dinner Dengan Latar Candi Prambanan
Maret 14, 2018
Show all
Kedung Gender Wisata Baru di Kulon Progo

Jika membicarakan tentang wisata, Jogja adalah salah satu juaranya. Hampir di setiap pelosok Jogja terdapat tempat wisata yang banyak menarik minat wisatawan. Tak terkecuali di Kabupaten Kulon Progo yang terdapat sebuah sungai yang airnya mengalir sepanjang tahun. Warga setempat menyebutnya Kedung Gender Josutan.

Tempat itu diberi nama kedung gender josutan, kedung yang berarti palung, sedangkan gender adalah suara gamelan yang sering sayup-sayup terdengar dan josutan adalah nama dusun tempat di mana kedung itu berada. Begitulah menurut cerita yang berkembang di masyarakat.

Baca juga: Mengunjungi Ketingan, Desa Wisata Fauna.

Kedung gender josutan saat ini sedang bersiap menjadi sebuah kawasan wisata. Banyak hal yang sudah dipersiapkan oleh kelompok sadar wisata Dusun Josutan, termasuk akses menuju lokasi wisata kedung gender. Saat ini kedung gender sudah bisa diakses baik oleh roda dua maupun oleh roda empat.

Selain air sungai yang berwarna hijau, Kedung Gender josutan juga menawarkan keteduhan suasana khas pedesaan. Rimbunnya pepohonan di pinggir sungai menambah kesan asri dari kawasan wisata tersebut.

Kedung Gender Wisata Baru di Kulon Progo

Kedung Gender Wisata Baru di Kulon Progo

Tentu saja, air merupakan daya tarik utama pada kawasan wisata ini. terdapat satu kedung yang memiliki kedalaman sekitar 2-3 meter. Kemudian di sekitarnya terdapat beberapa kedung kecil yang mengelilingnya. Segarnya air di Kedung Gender amat sangat sayang jika hanya dinikmati dari atas saja, kamu harus menceburkan diri dan merasakan sensasi dari segarnya air di Kedung Gender.

Baca juga: Air Terjun Lepo, Bantul

“Zaman dahulu sekitar tahun 1936, anak-anak Belanda sering mandi di Kedung Gender ini”, tutur Mbah Mulyo Karso, salah satu tetua di Dusun Josutan.

“Insya Allah bulan ini kita akan merilis Kedung Gender sebagai tempat wisata baru di Kulon Progo”, Ungkap Aspiyah, selaku Camat Pengasih.

Asrinya Suasana di Kedung Gender Josutan

Asrinya Suasana di Kedung Gender

Kedung Gender sendiri rencananya memang akan dibuka pada bulan maret ini, tepatnya pada tanggal 18 Maret 2018.

Lokasi Kedun Gender juga tak terlalu jauh dari Kota Wates, sehingga akan mudah diakses oleh para wisatawan. Jarak dari Kota Wates Menuju Dusun Josutan sekitar 4 kilometer. jika ditempuh menggunakan mobil, hanya 10 menit. Rutenya, dari RS Umum Daerah Wates menuju ke arah barat sampai Dusun Sendang, lalu kemudian belok ke kiri, kira-kira 200 meter.

Lokasi Kedung Gender Josutan

klik di sini

 

Comments are closed.

20:09
%d blogger menyukai ini: