Jika pada umumnya soto mempunyai kuah berwarna kecoklatan berbeda dengan soto Paiman yang berada di Kabupaten Kulon Progo.  Soto Paiman ini memiliki kuah bening yang sangat populer di kalangan masyarakat sekitar dan para pelancong.

Soto Paiman ini adalah milik Winarni, ia mengaku warung soto miliknya sudah ada sejak tahun  1989 dan kini sudah dikelola oleh generasi kedua.

Warung soto ini buka dari pukul 07.00-16.30 WIB, tak jarang yang datang ke warung soto ini adalah tokoh-tokoh terkenal seperti artis. Tapi pemilik warung soto ini mengaku tidak mengetahui siapa saja nama artis yang sudah berkunjung ke warung soto miliknya ini.

soto kuah bening paiman kulon progo
soto kuah bening paiman kulon progo

Kuah bening yang kini dijualnya adalah merupakan resep warisan dari Paiman, pendahulunya. Itulah mengapa warung soto ini lebih dikenal dengan nama Soto Paiman. Soto Paiman terkenal dengan soto yang gurih dan berkuah bening.

Winarni sebagai penerus, terus menjaga resep yang telah turun temurun di keluarganya. Sehingga kualitas rasanya tetap terjaga dari tahun ke tahun. Pelanggan setianya pun masih tetap berdatangan sampai saat ini. Winarni mengaku mampu menjual setidaknya 200 mangkok soto setiap harinya.

baca juga: Sop Merah Bu Asih yang Bikin Nagih

Selain soto, ada menu lain yang layak untuk dicoba yaitu ayam goreng kampung. Meski teksturnya yang sedikit a lot tapi rasa gurihnya membuat para pelanggan menggandrungi menu yang satu ini. rasa gurih itu berasal dari cara memasak dan resep tradisional yang masih tetap dijaga hingga sekarang.

Jika Jogja terkenal dengan segala sesuatunya yang murah, bagaimana dengan Kulon Progo? Di Kulon Progo tentunya harganya lebih murah jika dibandingkan dengan Kota Jogja, karena letaknya yang jauh dari pusat kota.

Satu mangkok soto kuah bening paiman dihargai 10 ribu rupiah, sedangkan untuk ayam goreng mulai dari 7 ribu hingga 13 ribu rupiah.

Kamu bisa mengunjungi warung soto ini sehabis berkunjung ke kedung gender atau wisata kulon progo lainnya.

WhatsApp chat