Lava Tour Merapi
Mau ke Lava Tour Merapi? Simak Dulu Tipsnya
February 5, 2018
mamahke jogja
Menikmati Legitnya Mamahke Jogja Cake
February 8, 2018
Show all

Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri

Dalam kurum waktu 3 tahun terakhir, Hutan Pinus Imogiri menjadi destinasi paling populer di Jogja. Seperti namanya, destinasi wisata seluas 500 hektar ini dipenuhi oleh pohon pinus.

Hutan Pinus Imogiri terkenal sebagai salah satu spot foto terbaik di Jogja. Dengan komposisi yang tepat, kamu bisa mendapatkan foto dengan kualitas yang baik dan tentunya instagramable. Kamu bisa memanfaatkan pohon pinus yang menjulang dan pancaran sinar matahari yang masuk melalui celah-celah rimbunan pohon pinus.

Tak hanya bagus untuk dijadikan tempat hunting foto, Hutan Pinus Imogiri juga bisa dijadikan tempat wisata yang memberikan kedamaian dan ketenangan bagi para pengunjungnya. Bagaimana tidak, lokasinya yang jauh dari pusat kota dan dilengkapi dengan hawa sejuk ala pedesaan akan memberikan ketenangan tersendiri.

Baca juga: Pertama Kali Ke Jogja? Simak Dulu Tipsnya

Hutan Pinus Imogiri terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan pinus ini sebenarnya tidak masuk daerah administratif Imogiri karena masuk dalam kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Wisatawan banyak  yang menyebutnya Hutan Pinus Imogiri karena jalurnya yang searah dengan Makan Raja Imogiri.

Jika kamu ingin mengunjungi Hutan Pinus Imogiri, sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi, karena di kawasan ini tidak terdapat angkutan umum. Atau kamu bisa sewa mobil agar lebih mudah untuk sampai ke tempat wisata yang satu ini.

Selain banyak digunakan untuk swafoto, Hutan Pinus Imogiri juga tak jarang digunakan untuk foto Pre Wedding, syuting video klip dan iklan. Tapi untuk tiga kegiatan terakhir, kamu akan dikenakan biaya sewa tempat minimal Rp50.000.

Di Hutan Pinus Imogiri juga terdapat sumber mata air, yang menurut warga setempat adalah bekas tempat pertapaan salah satu raja mataram, Sultan Agung Hanyakrakusuma. Sumber Mata air ini konon dibangun oleh Belanda pada tahuan 1925 hingga tahun 1930an.

Fasilitas di Hutan Pinus Imogiri terbilang cukup lengkap. Seperti mushola, warung makan, toilet, lahan parkir yang cukup luas, camping ground dan panggung pertunjukan.

Setelah mengunjungi Hutan Pinus Imogiri kamu bisa menjajal tempat wisata lain yang jaraknya tak jauh dari tempat wisata tersebut. seperti kebun buah Mangunan, Puncak Becici, Jembatan Gantung Siluk dan Air Terjun Lepo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *