Sabtu, 10 Maret 2018. Sepanjang Jalan Malioboro akan ditutup total mulai dari pukul 11.00 sampai pukul 18.00, sepanjang Jl. Malioboro akan digunakan sebagai ajang pawai budaya dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi. Ogoh-ogoh yang akan ditampilkan pawai budaya tersebut oleh Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma berjumlah sebanyak 15 ogoh-ogoh.

“Ogoh-ogoh ini akan ditampilkan oleh Keluarga Mahasiswa Hindu Darma (KMHD) dari berbagai perguruan tinggi yang ada di DIY,” kata Koordinator Pawai Budaya I Nyoman Santiawan di Yogyakarta, Kamis, 8/3.

Akan ada 2 kegiatan inti dalam perayaan Hari Raya Nyepi kali ini, baik ritual keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Salah satu kegiatan yang akan digelar yakni pawai ogoh-ogoh yang akan dilaksanakan pada hari ini (10/3).

Baca juga: Wisata Edukasi Omah Salak

Ogoh-ogoh yang akan diarak di sepanjang Jalan Maloboro itu memiliki tingga kurang lebih 3 meter dan memiliki berat maksimal 2 kwintal. Arak-arakan ogoh-ogoh di sepanjang Jalan Malioboro untuk menghibur warga sekitar dan wisatawan yang hadir.

Setiap ogoh-ogoh yang diarak akan dibawa oleh sekitar 25 orang yang berasal dari berbagai Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma di Yogyakarta.

“Ogoh-ogoh adalah symbol dari roh jahat yang hendak diusir, agar jiwa bersih saat melaksanakan Nyepi”, ujar Nyoman.

 

pawai ogoh-ogoh
ilustrasi: pawai ogoh-ogoh

Di Yogya total ada 27 Pura yang tersebar di berbagai lokasi. Tapi untuk pawai ogoh-ogoh ini yang turut serta hanya 3 pura, yaitu Pura Jagatnata Banguntapan Bantul, Pura Widyadharma Maguwo Sleman, dan Pura Padma Buana Timoho Kota Yogya.

Acara yang akan digelar mulai pukul 13.00 ini juga melibatkan forum antar umat beragama, sehingga acara ini tidak dikhususkan untuk warga hindu saja, tapu untuk semua warga.

Setelah pawai budaya di Malioboro ini, hari esoknya (11/3) akan digelar kembali ritual melasti yang akan dilaksanakan di Pantai Parangkusumo, Bantul. Kemudian 5 hari berselang, yakni pada tanggal 16 Maret akan digelar acara Tawur Agung Kasangan yang berlokasi di Candi Prambanan, Sleman. Lalu pada tanggal 24 Maret akan dilanjutkan dengan acara Dharmasanti atau halal bi halal yang rencananya akan di gelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

 

WhatsApp chat