Jalan Imogiri Timur adalah salah satu jalur menuju banyak tempat wisata di Bantul. Seperti Kebun buah Mangunan, Hutan Pinus Imogiri, Makam Raja Imogiri dan masih banyak lagi.  Di jalan ini juga terdapat banyak penjaja kuliner, salah satunya adalah Enthok Rempah Imogiri, sesuai dengan namanya tempat makan ini menjual anek olahan makanan dari daging enthok.

Aini selaku pemilik Enthok Rempah Imogiri mengaku tujuannya mendirikan warung makan ini karena ingin menawarkan sesuatu yang berbeda di tengah banyaknya penjual sate. Di sepanjang Jalan Imogiri memang banyak terdapat penjual sate, terutama sate klathak.

Menu yang menjadi banyak favorit para pelanggan dari warung makan ini adalah Enthok Bakar Rempah Pedas dan Enthok Bakar Rempah Legit. Pengolahan dari entho bakar ini cukup unik, yakni sebelum dibakar daging enthok dimasak terlebih dahulu menggunakan bumbu rempah.

baca juga: Ayam Gajebo, Favorit Mahasiswa UII

enthok rempah imogiri
enthok bakar rempah imogiri

Rempah yang digunakan antara lain daun jeruk, serai, kunir dan jahe. Kemudian untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan lembut, daging dimasak menggunakan presto.

Setelah melalui proses memasak dengan menggunakan rempah-rempah, daging enthok selanjutnya dibakar dengan dilumuri bumbu pedas atau manis. Sesuai dengan pesanan.

Bagi para penggemar makanan pedas, Enthok Bakar Rempah Pedas menjadi pilihan yang sangat tepat. selain pedas, enthok bakar ini juga mempunyai rasa rempah yang cukup kuat.

Sedangkan untuk Enthok Bakar Legit, rasanya cenderung manis. Sangat pas dengan lidah orang jawa kebanyakan. Rasa rempahnya juga sangat pas, tidak berlebihan.

Dan olahan daging enthok disini juga tidak berbau amis seperti pada olahan daging enthok kebanyakan. Bumbu rempah mengambil peran besar dalam memberikan rasa yang nikmat dan menghilangkan rasa amis yang ada pada daging enthok.

Entok Rempah Imogiri
Entok Rempah Imogiri

baca juga: Sop Merah Bu Asih yang Bikin Nagih

Bagi kamu yang menggemari masakanpedas, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan aneka sambal yang tersedia, seperti sambal matah dan sambal korek.

Tak hanya 2 menu di atas, di tempat ini juga terdapat menu dengan olahan daging enthok yang lain seperti rica-rica dan sup kuning enthok.

Sama dengan 2 menu sebelumnya, daging enthok yang digunakan untuk sup kuning dan rica-rica juga dimasak menggunakan rempah-rempah terlebih dahulu sehingga akan menambah rasa nikmat dan menghilanhkan bau amis.

Harga Enthok Rempah Imogiri

Di warung milik aini yang sudah beroperasi sejak tahun 2015 ini kamu bisa menikmati bebek bakar rempah dengan harga Rp20.000 sudah termasuk nasi dan sambal.

 

Jam Buka Enthok Rempah Imogiri

Tempat ini buka dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, lokasinya sebelah selatan Terminal Giwangan. Jaraknya kira-kira 4 KM dari terminal giwangan.

Lokasi Enthok Rempah Imogiri

klik di sini

WhatsApp chat