Destinasi Kuliner Indonesia, Salah Satunya Adalah Jogja

Jogja Horse and Resto
Jogja Horse and Resto, Wisata Sambil Berkuda dan Memanah
April 16, 2018
Show all

Destinasi Kuliner Indonesia, Salah Satunya Adalah Jogja

Destinasi Kuliner Indonesia-Jogja

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) telah menobatkan 3 wilayah menjadi Destinasi Kuliner Indonesia, diantaranya adalah Bandung, Bali dan Joglo Semar (Jogja, Solo dan Semarang). Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, sudah ada 10 wilayah yang masuk nominasi destinasi kuliner di Indonesia. Kemudian mengerucut menjadi 3 wilayah dengan pertimbangan budaya dan komersial. Sebelumnya pada tahun 2015 Kemenpar telah membentuk tim untuk menilai wialayah mana yang cocok dijadikan destinasi kuliner Indonesia.

Destinasi Kuliner Indonesia-Bandung

Destinasi Kuliner Indonesia-Bandung

baca juga: Jogja Horse and Resto, Wisata Sambil Berkuda dan Memanah

“Penetapan destinasi kuliner ini bukan karena kita suka ke Bali atau Jogja atau Bandung. Tapi kami (Kementerian Pariwisata) telah membentuk tim yang telah bekerja setahun penuh untuk menilai semua wilayah yang masuk nomninasi destinasi kuliner”, ujar Vita Datau Mesakh selaku Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata.

Penilaian yang dilakukan berdasarkan poin 3p (produk, pelaku dan pemda), produk yang dimiliki oleh suatu destinasi harus otentik dan unik dan tentunya populer. Selain itu juga harus ada pelaku usahanya, dalam hal ini bisnis dan lokasinya. Selain itu destinasi kuliner tersebut juga harus mempunyai tempat makan yang memadai untuk memastikan kenyamanan para wisatawan, termasuk dari segi kebersihannya.

Destinasi Kuliner Indonesia-Bali

Destinasi Kuliner Indonesia-Bali

baca juga: Kedung Gender, Wisata Baru di Kulon Progo

Dan poin yang terakhir adalah pemda, ini adalah poin yang paling penting. sebab jika suatu wilayah sudah ditetapkan sebagai destinasi kuliner tetapi tidak ada tindak lanjut dari pemerintah setempat makan akan sia-sia. Pemerintah setempat diharapkan mampu mendukung dalam hal promosi dan pengembangan.

Sertifikasi Destinasi Kuliner Indonesia

Untuk menjamin hal itu, Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah setempat membuat Memorandum of Understanding (MoU) untuk pengembangan dan promosi Destinasi Kuliner Indonesia yang telah terpilih sebelumnya. Dan yang terakhir destinasi kuliner ini akan disertifikasi langsung oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO). Organisasi tersebut adalah organisasi tertinggi dari PBB untuk urusan Pariwisata.

 

Comments are closed.

20:15
%d blogger menyukai ini: