Gathot Gunungkidul
Gathot Gunungkidul
July 4, 2017

Tiwul Gunungkidul

Makanan Khas dari Gunungkidul ” Tiwul Gunungkidul “

Singkong, mendengar nama singkong terkesan biasa aja, sebagian orang tidak suka sama yang namanya singkong, tetapi sebagiannya lagi sangat menyukai. Sebagian dari sahabat mungkin tau bahwa singkong bisa di olah menjadi berbagai makanan sebagai pengganti nasi, salah satu contohnya di olah menjadi Gathot dan masih banyak lagi olahan lainnya, sebab singkong mengandung kaya akan karbohidrat.

Berbicara masalah singkong? singkong ini dapat diolah menjadi makanan yang bernama Tiwul. Apakah Tiwul itu? Tiwul merupakan makanan khas yang berasal dari jogja yang terbuat dari singkong, dan makanan ini khususnya berasal dari kabupaten gunungkidul. Makanan yang terbuat dari olahan singkong ini, memiliki citarasa yang unik dan juga sebagai sumber karbohidrat untuk pengganti nasi.

Proses Pembuatan Tiwul

Dalam proses pembuatannya, Tiwul menggunakan bahan alami seperti singkong, air, gula, garam dan kelapa yang sudah di parut. Dalam Proses pembuatannya sebagai berikut:

Tahapan Pembuatan Tiwul:

  1. Pilih singkong dengan kualitas yang baik, lalu kupas singkong itu dan pisahkan dari kulitnya.
  2. Singkong yang sudah di kupas direndam lalu dibersihin setelah itu di jemur hingga kering sehingga menjadi gaplek (singkong kering yang di jemur).
  3. Setelah menjadi gaplek, lalu gaplek itu ditumbuk hingga halus sehingga menjadi tepung gaplek.
  4. Tepung gaplek tadi dikukus sampai matang (pengukusannya sampai menjadi tiwul).
  5. Setelah matang angkat kukusan tadi, sebelum di hidangkan taburi parutan kelapa di atasnya.
  6. Tiwul siap dihidangkan dan dinikmati.

Tiwul dapat sahabat temui di wilayah Yogyakarta, terutama di pasar tradisional. Apabila sahabat berkunjung di jogja, makanan ini bisa menjadi alternatif sebagai oleh-oleh buat keluarga ataupun bisa dijadikan makanan pengganti nasi saat sahabat berada di jogja. Mungkin saat sahabat saat teringat sama wisata yang ada di jogja, sahabat juga akan teringat dengan makanan khas tiwul ini, sebab tiwul memiliki citarasa yang unik dan khas rasa dari singkongnya membuat sahabar akan mencicipinya lagi. Selain itu tiwul juga ngangenin untuk di nikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *