Wajah Sangar Toyota Yaris Terbaru
March 28, 2017
Tiwul Gunungkidul
July 8, 2017

Gathot Gunungkidul

Gathot Gunungkidul

Citarasa Makanan Khas “Gathot Gunungkidul”

 

Kalau berbicara makanan, bisa membuat kita laper dan ingin mencobanya. Ada beberapa makanan yang bisa menemani kita bersantai bersama keluarga. Apalagi makanan khas yang di hidangkan dan terbuat dari bahan alami kaya seperti Getuk Lindri, Bakpia Pathuk dan sejenisnya. Ngomong-ngomong mengenai makanan khas, ada sebuah makanan khas yang memiliki citarasa yang bisa dibilang “maaak nyuuss” dan tidak kalah dengan makanan khas yang ada, makanan khas ini bernama Gathot.

Gathot merupakan salah satu makanan khas yang bahan dasarnya terbuat dari singkong yang di jemur (gaplek). Makanan ini merupakan salah satu makanan khas di jogja yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul.  Makanan ini juga menjadi salah satu makanan favorit orang jaman dulu yang setiap paginya (waktu sarapan) sering makan gathot yang dicampur dengan parutan kelapa ditambah lagi dengan menyedu minuman teh hangat, menambah citarasa tersendiri.

Apalagi makanan ini menjadi salah satu makanan favorit orang jaman dulu sebab makanan ini terbuat dari bahan alami dan tidak dicampur dengan bahan-bahan kimia yang ada. Makanan ini selain menyehatkan karena terbuat dari bahan alami, makanan ini juga bisa mengenyangkan sebab banyak mengandung karbohidrat yang merupakan salah satu sumber tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh kita. kalau mau mencari makanan ini, anda bisa menemukan di pasar tradisional yang tersebar di propinsi DIY (jogja) dan sekitarnya.

Mungkin sahabat penasaran juga mengenai cara pembuatan gathot. dalam pembuatan gathot yang perlu disiapkan adalah singkong (gaplek) sebagai bahan baku pembuatan gathot, garam, parutan kelapa, dan daun pisang. Untuk proses pengolahannya / cara pengolahannya adalah sebagai berikut :

  1. Singkong yang sudah menjadi gaplek, lalu direndam di dalam sebuah bak penampungan dengan air yang penuh sampai dibagian gaplek tadi ada sebagian yang berwarna hitam.

  2. Setelah gaplek ada yang berwarna hitam, angkatlah dari dalam bak penampungan tadi terus tiriskan sampai airnya keluar.

  3. Lalu iris tipis gaplek tadi dan kukus selama beberapa saat sampai matang, angkat dan sisihkan, ulangi sampai gapleknya habis dikukus.

  4. Ambil kelapa yang sudah disediakan tadi, parut memanjang, lalu parutan tadi di campur dengan garam secukupnya.

  5. Sajikan gathot yang sudah matang tadi diatas daun pisang, setelah itu taburkan parutan kelapa yang sudah tercampur dengan garam tadi diatas gathot yang sudah terhidang.

  6. Gathot siap di sajikan dan dinikmati bareng teman maupun keluarga.

Seperti itulah cara penyajian makanan khas yang berupa gathot tersebut, dan dalam proses pembuatannya masih terkesan natural dan alami, apalagi makanan tersebut dibungkus dengan daun pisang yang bisa menambah citarasa makanan itu sendiri. Meskipun dalam bentuknya yang kurang menarik, tetapi untuk rasanya tidak kalah enaknya dengan makanan modern saat ini.

Apabila sahabat yang tidak mau repot dalam menikmati makanan ini, sahabat bisa langsung mengunjungi pasar-pasar tradisional yang berada di jogja dan sekitarnya. Bagi yang di luar kota bisa berkunjung di jogja untuk mencari makanan tersebut sambil sahabat bisa berkeliling-keliling sekaligus berwisata di jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *